Apa itu Menstrual Cup ?

Menstrual cup adalah cup yang terbuat dari medical silicone yang berfungsi untuk menampung cairan selama menstruasi. Menstrual cup telah menjadi alternatif penggunaan pembalut sekali pakai, karena dapat dipakai berulang-ulang, menstrual cup sangat ramah lingkungan dan ekonomis.
Berbeda dengan pembalut sekali pakai, dimana kita tinggal menempelkan di celana dalam, jika memakai cup kita mesti memasukkan ke dalam vagina, kedengarannya memang sedikit menakutkan, namun sebenarnya justru jika sudah ditempatkan diposisi yang benar, maka kita tidak akan merasakan apapun.

Bagaimana cara pakai Menstrual Cup ?

Cup sifatnya sangat lentur dan elastis, jika dilipat dan dilepaskan akan kembali ke bentuk semulanya.
Agar cup bisa masuk ke dalam vagina, terlebih dahulu cup dilipat (ada beberapa cara melipat cup yang akan dibahas dalam penjelasan selanjutnya), kemudian setelah ujung cup dirasakan cukup untuk bisa dimasukkan, secara perlahan masukkan cup didorong sampai sedalam mungkin, lalu diputar dasar cupnya agar mengembang.


Bagaimana cara pakainya ?

PENTING PERLU DIINGAT !

Pertama yang perlu diingat adalah cuci tangan terlebih dahulu. jangan gunakan tangan yang kotor untuk memasukkan cup, kita tidak ingin ada kontaminasi kuman saat memasukkan cup tentunya.

Cara pakai cup :

    1. Cuci tangan sebelum menggunakan cup.
    2. Lipat cup sesuai dengan kenyamanan masing-masing pribadi. (Baca cara melipat cup) Untuk pemula tidak disarankan C fold, karena C fold memiliki ujung insert yang paling lebar. Jika terlalu kering, boleh menggunakan pelumas atau dibasahi dengan air agar tidak terlalu kesat.
    3. Usahakan relax, jangan tegang, secara perlahan buka vagina anda, boleh mencoba berbagai posisi seperti duduk di kloset, mengangkat kaki sebelah, atau bisa juga cukup berdiri saja dan meregangkan kaki/paha (Saran : agar kaki lebih bebas, coba untuk melepaskan celana dalam agar bisa meregangkan kaki tanpa hambatan)
    4. Masukkan cup, jangan ragu, usahakan sedalam mungkin terlebih dahulu. jika sudah gunakan jari untuk membantu memutar cup, cup akan terkembang otomatis ditandai dengan adanya bunyi plop atau merasakan ada udara yang masuk.
    5. Gunakan jari untuk memutar sekeliling cup untuk memastikan cup sudah mengembang sempurna (Baca juga : cara memastikan cup sudah mengembang sempurna)

Cara melipat cup ?

Ada beberapa metode untuk melipat cup, perhatikan gambar dibawah untuk lebih jelasnya

Cara Mengeluarkan cup

Ini sebenarnya mudah, cuma terkadang cup cukup kedap / vakum sehingga terasa kencang dan sulit dikeluarkan.
Tekan otot perut anda (mengejan), seperti akan pipis, secara otomatis cup akan terdorong ke bawah, atau tarik stem/tangkainya jika belum dipotong habis. selanjutnya anda tinggal memegang dasar cup yang ada garis-garisnya agar tidak licin saat ditarik, bantu dengan menekan dasar cup agar udara masuk sehingga cup tidak vakum lagi, setelah itu tinggal ditarik ke bawah saja, usahakan posisi cupnya tegak saat keluar, sehingga tidak tumpah isinya.

Cara membersihkan cup

Cup perlu dikosongkan selama beberapa waktu tergantung flow masing - masing , setelah cup menampung darah menstruasi selama beberapa jam, keluarkan cup, kosongkan isinya, kemudian bilas dengan air bersih yang mengalir. Setelah itu cup boleh langsung dipakai kembali
Namun jika kita sedang mandi sebaiknya cup dicuci sekalian dengan menggunakan sabun ph balance tanpa parfurm
INGAT, Jangan gunakan air bilasan yang kotor, ini penting karena setelah dikosongkan biasanya kita langsung memakainya kembali. Jika tidak ada air bersih, sebaiknya gunakan air mineral, atau gunakan tissue pembersih kewanitaan. Namun jika semuanya juga tidak ada, kita boleh langsung memakai cup setelah dikosongkan isinya. Tidak perlu khawatir, darah menstruasi tidak kotor dan tidak akan membahayakan kita, yang menyebabkan kotor adalah kontaminasi dengan luar, jadi kalau kita perhatikan, selama pemakaian pembalut kita selalu mencium bau amis sebenarnya ini adalah akibat darah mens yang terkontaminasi dengan bahan yang terkandung di dalam pembalut.
jangan lupa untuk melap sisa darah di dinding luar cup agar sisa darah tidak belepotan.

Berapa lama cup mampu menampung cairan menstruasi ?

Secara umum cup bisa menampung sampai 8 jam, namun untuk beberapa wanita terkadang memiliki flow yang sangat banyak, untuk itu perlu dikosongkan lebih sering, dengan latihan kita bisa mengetahui berapa lama cup perlu dikosongkan sebelum kepenuhan dan merembes. Tanda - tanda yang bisa diketahui jika cup sudah hampir penuh adalah perasaan cup mulai tidak kedap dan mudah bergeser. Jika anda mulai merasakan hal tersebut, segera kosongkan cup agar tidak merembes.

     

Cara Menyimpan cup

Setelah pemakaian cup / selesai masa menstruasi, cuci cup yang bersih, agar tidak ada sisa kotoran, keringkan dan masukkan ke dalam kantongan penyimpanan, Cup menstruasi terbuat dari medical silicon, untuk itu jangan simpan di dalam kantongan plastik, kontainer plastik dan penyimpanan lainnya yang kedap udara. cup juga perlu sirkulasi udara agar awet. Kantongan kain adalah tempat penyimpanan yang terbaik. Untungnya Lunar cup ini sudah dilengkapi dengan kantongan kain penyimpanan, Letakkan cup di tempat yang sejuk tidak terpapar matahari ya.


       

Bagaimana cara menentukan size ?

Khusus mengenai size ini agak banyak pembahasannya, klik disini ya untuk info selengkapnya