Perawatan Menstrual Cup

General Care

Periksa menstruasi Cup Anda saat penggunaan apakah ada tanda - tanda kurang baik , seperti agak lengket atau berbedak, perubahan warna yang parah atau bau, atau jika Anda mengalami iritasi atau ketidaknyamanan, mungkin perlu menggantinya dengan yang baru

WAJIB STERIL

Menstrual cup wajib disterilkan pada awal penggunaan dan pada akhir penggunaan setelah akan disimpan
Sebelum digunakan, cucilah menstrual cup dengan air bersih, atau bisa juga menggunakan sabun dengan PH balanced non parfurm
Rebus menstrual cup 3-5 menit di panci mendidih
jika tidak memungkinkan (misalkan anda sedang berpergian) setidaknya usahakan merendam menstrual cup dengan air panas 5 menit.

Jangan sampai kelupaan, sebaiknya tidak meninggalkan menstrual cup saat direbus tanpa pengawasan
Jika anda termasuk orang yang sibuk sebaiknya menggunakan menstrual cup sterilizer


Mengapa wajib steril ?
Menstrual cup disimpan paling tidak 24 - 30 hari tergantung siklus ovulasi
Selama proses penyimpanan, kemungkinan cup bisa terkontaminasi dengan udara, walaupun, mungkin kita merasa telah menyimpan dengan sebaik - baiknya.

Selama menstruasi tidak perlu steril lagi, cukup dibilas air bersih yang mengalir, bisa juga dicuci dengan sabun PH balanced non parfurm. Anda bisa memakai cup langsung setelah dibilas tanpa harus steril lagi

Membersihkan menstrual cup

Saat membersihkan menstrual cup, bilas sampai tidak ada sisa darah. Perlu diperhatikan bagian Rim dan lubang udara juga perlu dibersihkan, biasanya darah menstruasi sering menyumbat lubang udara. Caranya cukup mudah, isi cup dengan air sampai penuh, gunakan telapak tangan untuk menutup bagian atas rim dan tekan, maka air akan mengalir keluar dan lubang udara akan menjadi bersih.

Penyimpanan Menstrual cup

Menstrual cup sebaiknya jangan disimpan di tempat yang kedap, karena bahan medical silicon juga butuh penguapan terkadang setelah dicuci masih ada sisa kandungan air, sehingga perlu penguapan agar tidak menimbulkan bakteri, jamur dsb.
Mungkin ada sebagian brand menstrual cup mengemas Menstrual cup di kotak, wadah/pot plastik, tapi perlu diingat wadah tersebut bukan untuk penyimpanan permanen, hanya untuk kemasan saat penjualan. Jika sudah dipakai sebaiknya simpan dalam kantongan kain atau bisa juga di dalam kabinet/lemari yang ada sirkulasi udaranya walaupun tanpa bungkusan.

Kapan menstrual cup perlu diganti ?

Menstrual cup idealnya diganti minimal 1-3 thn. Ini sudah cukup ekonomis, jadi jika sudah terasa keras, kurang nyaman, berubah warna, atau tergores, apalagi terasa lengket akibat penyimpanan yang kurang baik (tidak ada sirkulasi udara) sebaiknya diganti saja.

JANGAN MEMINJAMKAN MENSTRUAL CUP ANDA

INGAT
Menstrual cup digunakan untuk keperluan pribadi Personal Use jadi tidak diperbolehkan untuk dipinjamkan, karena menstrual cup ini berkontak dengan fisik dan organ intim secara langsung, jadi sebaiknya menghindari resiko penularan penyakit, kuman dsb akibat kontak langsung dengan pengguna yang lain.

Kelupaan merebus menstrual cup kelamaan

Batas toleransi menstrual cup direbus adalah 5-10 menit, jika anda tidak yakin telah kelupaan berapa lama, atau bahkan kelupaan sampai air rebusan mengering, sebaiknya mengganti menstrual cup anda dengan yang baru saja.

Jangan kelupaan sedang memakai menstrual cup

Terkadang kita bisa kelupaan sedang memakai menstrual cup terutama saat flow tinggal sedikit, namun jangan lupa untuk mengeluarkan cup , membilas setidaknya 8 jam sekali, walaupun medical silikon ini aman untuk tubuh, sebaiknya tetap dikeluarkan setelah beberapa jam. Sampai saat ini memang belum ada kasus kritis mengenai pengguna menstrual cup akibat kelupaan, namun pernah ada kasus kelupaan memakai menstrual cup sampai 2 minggu dan mengalami iritasi sehinggga perlu memeriksakan diri ke dokter.